Lamanku

Hard_Men (the strong boy)

Solok, Sumatra barat, Indonesia

Minggu, 15 Juli 2012

Persiapan Berburu Beasiswa

 hi gan, banyak yang nanya nieh, untuk persiapan secara umum sebelum kita berburu beasiswa ada baiknya apa yang harus di lakukan?
Mari kita bahas satu-persatu apa saja yang harus disiapkan dalam mencari beasiswa :)
1. IPK
IPK atau nilai yang tinggi memang bukan satu-satunya patokan, namun tentu penyeleksi beasiswa akan melirik hal ini untuk pertama kali. Keseriusan kita pada mata kuliah (bagi pelamar beasiswa S2/S3) / pelajaran (bagi pelamar beasiswa S1) akan terlihat dari nilai yang kita raih. Semakin bagus nilai/IPK yang kita raih, tentu semakin terbuka lebar peluang beasiswa.
2. Study Plan
Study Plan atau Rencana Studi tentunya berisi hal-hal yang ingin kita pelajari dan penjelasan mengenai riset yang ingin dilakukan. Diringkas dari tulisan ini, membuat study plan hendaknya ringkas, padat penjelasan, jujur, kreatif, dan ditulis dengan tata bahasa yang bagus. Mintalah pendapat dosen pembimbing atau guru untuk mengoreksi study plan anda.
3. TOEFL
Peran TOEFL (Test of English as a Foreign Language) hampir sama dengan IPK, menilai tingkat kemampuan anda berbahasa Inggris. Usahakan skor TOEFL di atas 500 untuk mendapatkan poin tambahan dari penyeleksi.
4. Recommendation Letter
Recommendation Letter atau Surat Rekomendasi merupakan bukti pendukung bahwa kita layak mendapatkan beasiswa. Surat rekomendasi bisa diminta dari guru/dosen, dosen pembimbing TA, ketua jurusan/kepala sekolah, dekan, dosen wali, maupun dosen mata kuliah yang memang mengenal kemampuan kita dengan baik.
5. Statement of Motivation
Tidak semua penyeleksi beasiswa meminta kita membuat Statement of Motivation (Personal Statement), namun jika diminta maka tulislah sesuatu yang membuat kita bernilai lebih. Tentunya bukan dengan membual, namun menunjukkan potensi dan kemampuan diri kita. Statement of Motivation juga ditulis dengan bahasa Inggris dan menggunakan tata bahasa yang bagus.
6. Translasi dokumen
Dokumen yang butuh untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris (/bahasa Korea jika memang diminta), antara lain: Ijazah, Transkrip nilai, Kartu keluarga (KSK), Akta kelahiran. Untuk ijazah dan transkrip nilai, jika pihak sekolah/universitas tidak menyediakan translasi ke bahasa Inggris, bisa datang ke Sworn Translator (Penerjemah Tersumpah) di kota anda.
7. Curriculum Vitae
Curriculum Vitae atau Daftar riwayat hidup berisi profil diri kita secara lengkap. Jangan lupa menuliskan kemampuan, mencantumkan pas foto terbaru, dan memberikan kontak email yang sering dibuka agar mudah dihubungi.
8. Paspor
Memang tidak harus punya paspor dulu untuk melamar beasiswa, namun lebih baik punya paspor agar sewaktu-waktu jika memang diterima maka tidak perlu menyita waktu untuk mengurus paspor lagi. Panduan mengurus paspor bisa dibaca disini.
Syarat lain yang kadang diminta adalah Medical Assessment dan skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean).
Selamat berjuang! 화이팅 ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

syukran