Lamanku

Hard_Men (the strong boy)

Solok, Sumatra barat, Indonesia

Jumat, 13 Juli 2012

Sputar Beasiswa Korea Nieh

hai gan, udah lama nieh gak ngepost, nah untuk kali ini berhubung kakak sedang berburu beasiswa Rusia dan turki ini ada sedikit oleh -oleh bagi agan dan aganwati yang ingin tau seputar beasiswa s1 khusus bagi lulusan SMA yang berniat nyicib pendidikan di luar negeri khususnya Korea selatan dan Singapura.  mungkin ada yang tanya kenapa harus Korea yah..agan liat aja anak2 zaman sekarang pada doyan korea..eh..secara pada nanya kak ada gak sieh beasiswa ke korea? dengan logat korea gituh,,haha beberapa minta yang singapur, yah perlu di inget aja sebenarnya skema beasiswa tiap negara itu hampir sama hanya saja proses seleksinya yang berbeda. untuk Negara2 lain tunggu aja post lainnya ya.

 apa ja sih persyaratan yang di butuhkan?

persyaratan yang perlu kamu persiapin,
nilai ijazah rata-rata 8,0 untuk mata pelajaran yang sesuai program studi tujuan kalau bisa lebih dia atas itu asal jangan buat nilai sendiri ya..haram hukumnya , tidak ada angka merah untuk mata pelajaran lain, usia maksimal tidak lebih dari 3tahun setelah tamat SMA, dan melengkapi berkas-berkas yang diperlukan.
1.Mengisi lembar aplikasi/formulir yang disediakan
2.Fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir lembaga pendidikan yang mengeluarkan.
3.Terjemahan ijazah dan transkrip nilai dalam Bahasa Inggris oleh lembaga yang mengeluarkan/ penerjemah tersumpah dan cap notaris.
4.Fotokopi akta kelahiran.
5. Terjemahan akta kelahiran dalam Bahasa Inggris oleh lembaga yang mengeluarkan/ penerjemah tersumpah dan cap notaris.
6.Surat keterangan lulus uji kesehatan dalam Bahasa Inggris.
7.Surat keterangan bebas HIV/AIDS dalam Bahasa Inggris.
8.Fotokopi berwarna dari lembar pertama paspor. Masa berlaku paspor terhitung minimal 1,5tahun.
9. pas fhoto 4x6 seperlunya
10. data diri lengkap (curriculum vitae)

untuk korea dan singapura kamu wajib punya "toffel (sertifikat bahasa inggris), kamu bisa dapatin toffel di lembaga Toffel di jakarta biasanya sih tes dulu, di lampung kayaknya ada deh, di unila ada kayaknya lembaga toffel tapi kakak gak tau namannya. dan nilai toffel _pun harus bagus minimal 500/5,5. kalo untuk ke korea ntar bakal ada tes kemampuan berbahasa korea. ribet emang tapi kalo kamu niat emang semua butuh perjuangan gan, perjuangan harkat dan martabat haha *lebay. kakak juga gitu tahun kemaren nyaris stres kaka,.masuk rumah sakit.haha gak gitu juga kali ya, tapi hasilnya insya allah bagus. Niatin donk.! ok hwaiting!

terjemahannya bisa kamu lakukan di jasa penerjemah tersumpah (swort translator) di jakarta, kakak waktu itu di jakarta timur "namanya mitra penerjemah", agak mahal emang perlembarnya 50 rb-70 rb. kakak waktu itu habis 450 rb_an. di setiap wilayah jakarta pasti ada kok..puterin aja tuh jakarta..haha


untuk korea ada program KGSP (korean governemen scholarship program)/ program beasiswa pemerintah korea yang prosesnya dapat di lakukan di embessy sout korea di jakarta dengan beberapa tahap seleksi, dan ada pula beasiswa yang di berikan oleh universitasnya langsung seperti SNU scholarship (soul nasional university) dan universiatas lainnya yang ada di korea dengan jumlah uang saku berbeda2 tergantung kebijakan universitasnya. dan kalo Di SNU kamu bisa daftar online rempong deh mana website_nya bahasa hangu korea semua..haha tapi gampang kamu terjemahin aja di google terjemahan hehe. cari alternatif lain.. oya mungkin ada yang tanya KGSP itu apa sih kak ? lah loe cari aja ya ke embah gw.."mbah Google..;)

kalo di singapura ada beasiswa dari pemerintahnya melalui kedutaan besar singapura di jakarta kamu share aja di goole kapan pembukaan beasiswanya, setau kakak sih ada program NTU (nanyang teknologi university) daftarnya juga via online. sekarang serba online deh kalau dulu masih berburu meramu *lah apa hubungannya...biasanya pembukaan besiswanya bulan januari-februari deh kalo gak salah.

dan satu lagi gan yang paling penting! beberapa beasiswa biasanya minta motivation latter (surat motivasi) jadi kamu harus punya motivasi kenapa kamu mau ke korea atau singapura apa cuman tergiur akan cantiknya wanita korea atau mau jalan2 saja..bah,,haha kalo itu motivasi kamu gan, wah sudah pasti kamu bakal di cubit eh maksudnya di tolak..hehe apalagi di korea sistem pendidikannya bener2 no 1, jadi gak bisa main2. trus yang terakhir kamu siapin juga rekomendasi dari sekolah kalau kamu dapat izi dari sekolah untuk ikut beasiswa, rekomendasi ini juga ntar di butuhin ketika kamu buat paspore.

nah gan ini yang paling penting, kamu udah punya paspore belum, kalo belum kakak saranin agar kamu buat paspore dari jauh2 hari, soalnya riber buat paspore itu bisa memakan waktu 2-3 minggu tapi normalnya ya 1 minggu, apalagi anak sekolah kayak kita ini yang masih dianggap ingusan, bakal bener2 di persulit, ,kakak aja waktu itu sampai mondar mandir bukit_ karang sampai berkali2 bisa memakan waktu 12 jam pulang pergi, yah itu juga kalau gak ngaret haha biasa anak indonesia. habis waktu tenaga uang dan ahaha. tapi jangan banyak ngeluh deh.ikutin aja prosesnya kalo kamu nurut apa kata petugas imigrasinya pasti mudah kok, tapi jangan laju nurut banget, ntar di suruh masuk sumur mau lagi. biaya paspore kira2 255 rb, itu yang 48 lembar (yang umum), kalo mau yang lebih mahal lagi ada namanya elektronik paspore seharga 650 rb.
yah kalo bisa agan buatnya dari sekarang, biar ntar gak ganggu ujian kamu. kyak kakak waktu itu.

udah dulu gan ya, cuman ini informasi seputar beasiswa yang kakak tau, jangan sungkan kalo mau nanya insya allah kakak pasti bantu, semoga bermanfaat. ok GOOD LUCK.

oya sebagai reverensi nieh, yang niat beasiswa korea,
http://beasiswa.perpika.org/2011/12/kuliah-di-korea-bukan-sekedar-ikut-tren-korean-wave/,
http://chirpstory.com/li/13046

3 komentar:

  1. kak untuk persyaratannya itu dikirim kemana?
    deadline nya kapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Untuk S1 enrollment-nya bulan September bukanya (KGSP). -HNS

      kalo S1 SNU (soul nasional university), kamu bisa langsung apply sekarang sampai Desember.
      ini website_nya
      http://en.snu.ac.kr/apply/info

      untuk
      Contacts:

      intlscholarship@snu.ac.kr (Scholarship Enquiry)
      snuadmit@snu.ac.kr (Admission Enquiry)

      ini posternya,
      http://beasiswa.perpika.org/wp-content/uploads/2012/06/SNU_Global_Scholarship%ED%8F%AC%EC%8A%A4%ED%84%B020120611172102.pdf

      dan kalau kamu suka seni, ingin belajar tentang korea, ini ada beasiswa full 2013,
      untuk Deadlines : July 31, 2012

      ini websitenya
      http://jmsupercuteinkorea.blogspot.kr/2012/06/2013-art-major-full-scholarship.html

      Oya, untuk ngirim berkasnya kamu bisa langsung buka websitenya, lalu Apply online, karena sistimnya sekarang harus via online,
      ok, itu dulu ya, kalau masih da yang ingin di tanyakn silahkan saja. kakak akan menjawabnya :)
      Good Luck.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

syukran